Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Blogger Jateng

Panduan Utama untuk Dropship: Cara Memulai Bisnis Dropship

dropship di shopee

Cara Memulai Bisnis Dropship. Anda telah memutuskan untuk meluncurkan toko online dan bergabung dengan revolusi e-commerce. Pertanyaan pertama yang perlu Anda jawab adalah tentang produk Anda: apa yang akan Anda jual, di mana Anda akan mendapatkannya dan bagaimana Anda akan mendapatkannya untuk pelanggan Anda. Pemasaran yang luar biasa dan layanan pelanggan yang luar biasa tidak akan membantu Anda tanpa sumber, manajemen inventaris, pemenuhan pesanan, dan proses pengiriman.

Apakah itu terdengar menakutkan, membosankan atau bahkan tidak mungkin? Anda mungkin ingin melewatkan kerumitan dan memeriksa dropshipping.

Apa itu dropshipping?

Dropshipping memungkinkan pemilik toko untuk memenuhi pesanan langsung dari pedagang grosir atau produsen. Itu berarti Anda tidak perlu khawatir tentang manajemen persediaan atau pengiriman; Anda cukup mentransfer pesanan ke mitra dropshipping yang menangani semua inventaris dan logistik.

Sebelum dropshipping, ada dua model e-niaga utama:


Buat produk yang unik dari awal. Apakah Anda suka merajut sweater kasmir kucing? Bagus! Anda akan memiliki produk yang sepenuhnya unik untuk dibawa ke pasar. Tetapi bisakah Anda menciptakan permintaan dan meningkatkan skala bisnis Anda?

Beli inventaris dalam jumlah besar. Anda tidak perlu mengembangkan produk baru, tetapi Anda mungkin terjebak dengan garasi yang penuh dengan widget yang tidak dapat Anda jual. Jika Anda benar-benar traksi, Anda harus menangani pemenuhan dan pengiriman pesanan sendiri.

Dengan dropshipping, Anda hanya bertanggung jawab untuk memasarkan dan menjual produk. Orang lain dalam rantai pasokan khawatir tentang produk, inventaris, pengemasan, dan pengiriman. Tapi itu berarti daripada menemukan efisiensi dalam sistem, Anda harus menjadi sangat pintar untuk menggunakan Amazon, toko kotak besar dan toko e-commerce dropshipping lainnya.

Pro & Kontra Dropshipping

Dropshipping bisa terdengar seperti peluru ajaib untuk menghasilkan uang secara online, tetapi jangan tertipu. Seperti hal lainnya, ada sisi buruk dan buruk dari dropshipping.

Pro:

1. Tidak ada modal awal. Jika Anda baru memulai, dropshipping memungkinkan Anda memulai tanpa menginvestasikan banyak uang. Pengecer tradisional perlu membeli dan menyimpan inventaris untuk menjualnya kepada konsumen. Tetapi jika Anda menggunakan dropshipper, Anda dapat menawarkan katalog lengkap produk dengan sedikit overhead.

2. Kurang repot terlibat. Seperti disebutkan di atas, Anda tidak harus berurusan dengan inventaris tangan, yang berarti Anda tidak harus menangani pengemasan atau pengiriman juga. Ini memungkinkan Anda memfokuskan waktu dan energi Anda pada pemasaran dan mengembangkan bisnis Anda.

3. Anda dapat dengan mudah memperluas penawaran Anda. Jika Anda ingin memperluas penawaran Anda, dropshipping adalah cara yang bagus untuk menguji produk baru dengan audiens Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk benar-benar melihat apakah mereka cocok dengan pasar tanpa harus berinvestasi dalam jumlah besar inventaris mahal di muka.

Kontra:

1. Mengelola logistik. Logistik untuk dropshipping mungkin sulit diatasi ketika bisnis Anda berkembang. Jika pemasok dropshipping Anda bergantung pada beberapa gudang, ini akan menjadi lebih sulit. Manajemen logistik yang buruk dapat menyebabkan pengalaman pelanggan di bawah standar, karena nomor pelacakan yang tidak tepat, alamat yang salah, dan keterlambatan pengiriman.

2. Rendahnya penghalang untuk masuk. Ini terdengar seperti positif, dan memang begitu. Tetapi pada saat yang sama, karena hambatan masuk yang rendah, banyak orang lain akan menjual produk yang sama. Ini membuatnya lebih sulit untuk menonjol sebagai bisnis baru dan berarti ada persaingan yang ketat. Ingat, jika pemasok dropshipping untuk Anda, mereka akan dropship kepada siapa pun, dan itu membuatnya sulit untuk menonjol.

3. Tidak ada kontrol atas kemasan. Jika Anda hanya toko online, interaksi fisik pertama yang Anda miliki dengan pelanggan Anda adalah ketika mereka membuka pembelian mereka. Tetapi jika Anda dropshipping, Anda menyerahkan kontrol atas kemasan. Itu berarti tidak ada sentuhan khusus atau kartu ucapan terima kasih lucu yang benar-benar dapat membuat toko Anda menonjol. Dewasa ini, dropshippers paling terkemuka akan memungkinkan pengiriman label pribadi dengan faktur dan slip kemasan yang disesuaikan.

4. Margin laba yang ketat. Sangat sulit bagi usaha kecil untuk bersaing dalam hal harga, dan sifat dropshipping berarti Anda tidak menjual produk yang unik. Pastikan Anda siap untuk berinvestasi dalam sesuatu yang akan membedakan toko Anda, seperti sumber daya pendidikan yang hebat, copywriting yang kuat, atau membangun ceruk pasar yang unik.

Hindari Kesalahan Dropship Umum Ini

Setelah Anda memutuskan untuk mulai dropshipping, Anda perlu memastikan Anda memiliki strategi yang solid sejak awal. Dan itu berarti menghindari kesalahan umum ini.

Menjual Produk

Seperti disebutkan di atas, dropshipping secara otomatis membuat Anda berada dalam ruang kompetitif, karena orang lain menjual barang yang sama persis dengan Anda. Terlalu mudah untuk berpikir bahwa Anda dapat mengatur dropshipping untuk toko Anda dan kemudian memiliki pembuat uang instan di tangan Anda.

Sebaliknya adalah benar - ketika Anda dropshipping, Anda harus meluangkan semua waktu yang Anda hemat untuk pengiriman dan pemenuhan ke dalam pemasaran dan SEO. Itu adalah elemen yang akan mengarahkan lalu lintas ke toko Anda dan membuat Anda penjualan saat Anda dropshipper.

Karena Anda tidak dapat mengontrol pemenuhan atau pengemasan dengan dropshipping, Anda selalu ingin menempatkan fokus prioritas pada layanan pelanggan yang berkualitas dan memberi pelanggan pengalaman positif dengan bagian-bagian dari proses pembelian yang dapat Anda kontrol.

Mengandalkan Terlalu Banyak pada Satu Pemasok atau Tidak Menguji Pemasok

Jika Anda mengandalkan satu pemasok tanpa memiliki cadangan, Anda mengatur diri sendiri untuk masalah logistik di telepon. Bagaimana jika mereka menaikkan harga ke titik yang Anda tidak mampu? Atau gulung tikar? Atau hanya memutuskan untuk tidak bekerja dengan Anda lagi? Bahkan pada akhir skenario yang kurang drastis, mereka bisa kehabisan stok pada suatu produk dan tidak tahu kapan mereka akan mendapatkannya kembali. Selalu memiliki pemasok cadangan yang dapat Anda hubungi jika pemasok masuk Anda tidak berhasil untuk pesanan tertentu.

Setiap kali Anda mulai bekerja dengan pemasok baru, Anda harus memastikan bahwa mereka memotong mustard dengan menempatkan pesanan tes. Ketika Anda mendapatkan pesanan, memeriksanya dengan cermat, mempertimbangkan kemasan, waktu pengiriman dan sebagainya, dan memastikan semuanya berkualitas tinggi. Ini adalah ide yang baik untuk terus menempatkan pesanan tes secara teratur. Pemenuhan sangat penting untuk bisnis online apa pun, dan Anda ingin mengetahui kualitas apa pun sebelum menjadi masalah.

Menekankan Tarif Pengiriman

Berurusan dengan tarif pengiriman bisa merepotkan, bahkan jika Anda mengirim semua pesanan Anda dari satu lokasi.

Jika Anda mengirim dari lebih dari satu gudang, atau dropship melalui beberapa pemasok, itu bisa menjadi mimpi buruk. Bagaimana jika suatu pesanan menggunakan dua gudang yang berbeda, atau tiga pemasok yang berbeda?

Alih-alih menekankan tentang pengiriman multi-lokasi pada setiap pesanan, mundurlah dan lihat gambaran besarnya. Apa yang ingin Anda capai? Tarif pengiriman yang akurat? Atau lebih banyak penjualan, pelanggan yang bahagia, dan bisnis yang berulang? Jika Anda membakar energi lebih dari harga pengiriman pada setiap pesanan, itu adalah energi yang tidak Anda keluarkan untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih baik, menumbuhkan toko Anda, pemasaran dan sebagainya.

Jadi, apa yang harus Anda lakukan? Lihatlah pesanan sebelumnya dan gunakan untuk menghitung tarif pengiriman rata. Atau mungkin tingkat berjenjang berdasarkan nilai keranjang. Apakah akan memotong margin keuntungan Anda?

Ya, pada beberapa pesanan. Tetapi Anda akan unggul dari yang lain, dan jika Anda telah menetapkan tarif tetap dengan benar, biaya pengiriman akan turun seiring waktu. Ada juga fakta bahwa tarif tetap dan pengiriman gratis telah terbukti meningkatkan tingkat konversi — salah satu alasan utama pelanggan meninggalkan keranjang belanja mereka adalah karena biaya pengiriman. Biaya pengiriman tetap menghilangkan kebingungan dan biaya "tersembunyi" yang muncul saat checkout .

Seperti yang Anda lihat, dropshipping bukanlah solusi satu ukuran untuk semua, tetapi ini bisa menjadi cara yang bagus untuk memulai atau meningkatkan skala toko e-niaga. Pada setiap tahap bisnis Anda, Anda perlu melangkah mundur dan mengevaluasi apakah dropshipping masuk akal untuk toko Anda.

Dropshipping di Shopee

Satu tempat dropship telah berkembang adalah Sopee. Jika Anda ingin menjual produk di platform dengan menjadi dropshipper di Shopee, Anda harus bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pesanan dikirimkan dan disimpan dengan baik oleh Anda sendiri atau grosir yang Anda pasarkan untuk produk. Anda juga harus transparan tentang siapa yang menciptakan produk dan siapa penjualnya.

Menurut Shopee, meskipun dropshipping di situs dapat diterima, penjual harus setransparan mungkin sehingga pelanggan tahu dari siapa mereka membeli produk dan dari mana mereka dapat menghubungi jika ada masalah. Penjual dan pemasar juga harus bertanggung jawab untuk memproses dan mengelola pengembalian tanpa bantuan Shopee.

Sumber: marketerdream

Post a Comment for "Panduan Utama untuk Dropship: Cara Memulai Bisnis Dropship"